PKBM-KSI

Tentang PKBM-KSI

PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) sebagai salah satu mitra kerja pemerintahan dalam mencerdaskan kehidupan mayarakat melalui program-program pendidikan yang merupakan satuan pendidikan nonformal sebagai tempat pembelajaran dan sumber informasi yang dibentuk dan dikelola oleh masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan potensi setempat untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap masyarakat dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya.

Sehingga mampu menumbuhkan masyarakat belajar yang pada akhirnya akan meningkatkan

kemandirian, meningkatkan kualitas hidup masyarakat baik dari segi social maupun ekonomi.

PKBM Kaiyisah Smart Informatika (PKBM KSI) ikut berperan aktif dalam Memberdayakan masyarakat agar mampu untuk mandiri, meningkatkan kualitas hidup masyarakat baik dari segi sosial maupun ekonomi Meningkatkan kepekaan terhadap masalah-masalah yang terjadi di lingkungannya sehingga mampu memecahkan permasalahan tersebut.

PKBM Kaiyisah Smart Informatika (PKBM KSI) membuat Inovasi dalam Pendidikan berbasis Virtual Online.

Dasar Hukum

  1. UU No. 2 tahun 1989 tentang penyelenggaraan Pendidikan Nasional.
  2. Peraturan pemerintahan No. 73 tahun 1991 tentang tujuan Pendidikan Luar Sekolah.
  3. Kebijakan Ditjen Diklusepora tahun 1989 tentang PKBM
  4. UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Tujuan memperluas kesempatan warga masyarakat, untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mental yang diperlukan untuk mengembangkan diri dan bekerja mencari nafkah.

Dan Mengurangi beban pemerintah serta membantu pemerintah dalam penanggulangan masalah pengangguran. Dengan Pendidikan Virtual Online PKBM KSI memanfaatkan teknologi untuk memenuhi tujuan.

Akses yang konstan dan tepercaya ke web, dapat membuat proses belajar-mengajar jadi lebih mudah diakses dan lebih kolaboratif. Platform pembelajaran berbasis web yang terbuka, berbeda dari platform tradisional yang tertutup karena :

  • Terbuka Sumber daya pendidikan dapat dengan mudah dipublikasikan, dikurasikan, dan dibagikan oleh pengajar di seluruh dunia. Ini berarti semua orang bisa mengakses konten terbaik melalui perangkat mana saja. • Hemat Sumber daya bermutu tinggi tersedia secara global dengan harga termurah.
  • Kolaboratif Siswa, pengajar, orang tua – bahkan “sahabat pena digital” – akan dilibatkan sehingga mereka bisa memanfaatkan kesempatan untuk belajar dari satu sama lain.

PKBM KSI memberi kesempatan untuk membuka cabang KBM KSI Ke seluruh Indonesia dengan Team-team yang Amanah dan Jujur serta menjunjung Tinggi Nilai Perjauangan dengan menjalankan 6 tabiat budiluhur.

Manfaat

  1. Membantu melancarkan programnya Tri sukses PPG dibidang Kemandirian
  2. Mendapatkan Asupan dan Pengetahuan untuk kebutuhan PPG setempat
  3. Menjadikan wadah/ sarana suatu komunitas bagi Generasi Penerus agar lebih kearah positf/ tekhnologi sehat, kreatif, inovatif dan mandiri
  4. Menjadikan Wadah/ Tempat untuk Silaturahim
  5. Meningkatkan mutu untuk Santriawan / santriawati pada khususnya dan Masyarakat pada umumnya dan menjadikan Santriawan / santriawati yang profesional dan religious
  6. Menciptakan Nilai nilai positif kepada pemerintah dalam berperan mencerdaskan anak bangsa serta menumbuhkan masyarakat belajar, yang pada akhirnya akan meningkatkan kemandirian, meningkatkan kualitas hidup masyarakat baik dari segi sosial maupun ekonomi